13 September 2010

Daftar Plagiarisme yang Dilakukan Agnes Monica

0 komentar



Tetep bikin ngamuk Agmon lover.
KARENA tidak mau diarak para agnes lovers seluruh dunia, maka Saman akan menjelaskan sesederhana mungkin. Bahwa kita perlu membedakan mana yang plagiat dan mana yang terinspirasi. Plagiat adalah mencontek hak cipta kepunyaan orang dengan sangat fasih dan frontal sehingga terlihat sangat mirip. Inspirasi adalah bagian dari ‘tradisi’, yakni untuk mencipta sesuatu, kita pasti akan berkaca pada karya yang sudah ada.

Untuk kreator pemula, produk yang dihasilkan cenderung mirip dengan kreator yang diidolakan. Meski hal ini tidak berlangsung lama, sebab kelak sang creator pemula itu akan mendapat ciri khasnya sendiri

Nah, bagaimana dengan seniman di Indonesia, khususnya di dunia showbiz? Sudah cukup rasanya memredikatkan D’Masiv sebagai plagiator kelas kakap atau Lyla dalam urusan video musiknya yang nyontek Katy Perry. Belum lagi dengan band-band pendatang baru yang mencontek band-band lama. Misalnya Band Seventeen, warna suara vokalis mirip dengan Bams Samsons. Begitu pula Naff, sangat Padi sekali! Saya nggak tahu apa ini harus disebut hal yang wajar. Nah, menurut kalian, Agnes termasuk yang plagiat atau yang terinspirasi? Mari kita simak korban pembantaian Saman kali ini.


1. Lagu Tak Ada Logika

Lagu ini mirip dengan single Christina Aguilera di album Stripped (Cant Hold Us Down). Nuansa kemiripannya begitu kental saat di tengah lagu, ketika Agnes memasukkan unsur-unsur vokal Christina Aguilera (oo oo), unsur Britney Spears dalam lagu Crazy (teriak sing it!), dan Britney dalam Im Slave 4U( Ah ah ah ah).


2.Video Musik Tak Ada Logika

Adegan Agnes pakai topi sebelum manggung di gelanggang tinju begitu mirip saat Britney Spears berusaha menutupi wajahnya dengan topi dalam video music Everytime. Saat Agnes nyanyi-nyanyi di dalam 'ring tinju', suasananya seperti saat Christina Aguilera dalam video musik Dirrty.




3. Video Musik Godai Aku Lagi

Opening scne mirip scene Rihana dalam video musik Umbrella, scene Agnes lagi persiapan manggung dengan para waria terkesan Lady Marmalade seperti yang pernah dilakukan kolaborasi Christina Aguilera, Pink, Mya, Lil Kim. Scene di karantina orang gila mirip video I Drive Myself Crazy dan Bye Bye Bye-nya N-Sync. Video saat diburu Richard Kevin mirip dengan video Christina Aguilera Fighter. Scene di padang pasir mirip kayak video musik Spice Girl jaman 90-an. Tema cerita mirip film Jumper, ketika agnes dan musuhnya bisa menghilang ke tempat lain dalam sekali waktu.Hari ini i-dus.com bertemakan tentang"Daftar Plagiarisme yang Dilakukan Agnes Monica

4. Iklan Zinc Shampoo Versi Dua
Iklan Tv Agnes di Zync Shampoo mirip sekali dengan iklan parfum Burberry yang dibintangi Agynes Deyn. Di Zync Agnes tampil penuh warna, tertawa ceria, dengan dandanan ala harajuku style dan syal yang berkibar. Begitupun dengan Agynes dengan versi berwarna hitam putih dan sangat art. Teman saya bilang ekspresi Agnes di iklannya kelihatan seperti orang epilepsi. Bagaimana menurut tanggapan kalian?




Agnes dicontek Penyanyi Luar?
- Judul album pertama Agnes ..and the Story Goes.. dipake judul albumnya Craig David.
- Di album pertama Agnes pakai dasi ‘mati’ di lehernya (ya iyalah, masak di kaki). Kemudian Britney tampil dengan dasi di luar kayak Agnes dalam vide Me Against and The Music
- Koreografi Godai Aku Lagi saat scene padang pasir mirip dengan video koregrafi scene ending lady Gaga dalam Bad Romance.
Mungkinkah penyanyi internasional itu mencontek Agnes?

Nah, kawan itu sih hanya pendapat saya saja. Mungkin saja saya hanya menghubung-hubungkannya. Dan untuk kesekian kalinya saya harus bilang kalau untuk berkembang seseorang membutuhkan kritik, penilaian. Kalau kamu berkarya, otomatis akan dinilai. Buat Agnes Lovers, orang yang menerima kritik adalah orang yang berjiwa besar.

Dan sebagai penulis artikel, tentu saja saya bukan kreator, tapi pengapresiasi. Jadi agak salah kaprah kalau saya (lagi-lagi) dituding sebagai si makhluk yang nggak bisa ngaca atau dilempari kalimat: lihat diri lu sendiri sebelum lihat orang lain. Lihat juga dong, yayang Agnes. Agnes cuek bebek tuh dengan berbagai kritik apapun. Soalnya dia tahu, artis itu sudah harus siap menerima kritik dan pujian.Britney dan Lady Gaga aja banyak yang nggak suka oleh masyarakat Amerika sendiri. Jadi belajarlah untuk tidak mudah terprovokasi. Paling nggak ni artikel tidak disusupi kata-kata umpatan binatang atau kalimat rasis.Peace.
 
sumber http://www.i-dus.com/2010/09/daftar-plagiarisme-yang-dilakukan-agnes.html

0 komentar:

Posting Komentar