17 Juli 2010

Aplikasi Pemutih Kulit di Facebook Dianggap Rasis

0 komentar
Pemutih kulit untuk pria, Vaseline, yang ada di aplikasi untuk para user Facebook di India mengundang perdebatan mengenai warna kulit dan persepsi mengenai kecantikan. Demikian dilansir CNN, Sabtu (17/7/2010).

Aplikasi yang diluncurkan Vaseline ini mengundang para pria di India untuk mengunduh foto profil mereka di Facebook dan memasukkan ke layar digital," Lighten my Skin". Ini adalah salah satu cara dari pihak Vaseline untuk mempromosikan produk Vaseline untuk pria, Vaseline Men UV Whitening Body Lotion.



Ini merupakan salah satu cara dari Vaseline untuk mempromosikan produk mereka di tengah-tengah maraknya krim pemutih di negara itu.

Dalam salah satu halaman untuk memberi komentar, sejumlah user memberikan komentar dengan penuh kemarahan. Salah satunya menulis," Saya berharap bisa memberikan rating kurang dari 1. Ini adalah aplikasi yang sangat rasis. India selalu menggunkan standar ganda."

Komentar lainnya mengutuk iklan tersebut."Ini adalah salah satu cara mengeruk keuntungan dan mengambil kesempatan dari bias yang terjadi di negara ini dan sangat disayangkan," tulis seorang pengguna Facebook itu.

Sama dengan produk membuat kulit menjadi cokelat di negara-negara Amerika Utara dan Eropa, pemutih kulit adalah hal yang sangat laris di India. Demikian disampaikan pihak Vaseline menanggapi kecaman tersebut.

Bintang Bollywood Shahrukh Khan sempat menjadi bintang iklan untuk pemutih kulit, "Fair and Handsome," dari perusahaan Emami pada tahun 2005.

Tribunnews.com

0 komentar:

Posting Komentar