16 Juli 2010

Instalasi Linux Melalui USB Drive (Tanpa CD/DVD) Dengan Bantuan UNetbootin

0 komentar
Mungkin tips ini berguna bagi teman-teman yang ingin menginstal Linux (distro apa saja) tapi tidak ingin menggunakan media CD/DVD sebagai media instalasinya, atau tidak memiliki CD/DVD Drive di komputernya.



Silahkan gunakan sebuah utility bernama UNetbootin (Universal Netboot Installer). Menurut Wikipedia Indonesia, UNetbootin (Universal Netboot Installer) adalah perangkat untuk membuat sistem Live USB. Perangkat yang cross-platform ini (dapat digunakan dalam berbagai sistem operasi) dapat memuat berbagai macam perangkat sistem (system utilities) atau meng-install berbagai distro Linux maupun sistem operasi lain meski tanpa CD.




Silahkan unduh UNetbootin (untuk Windows maupun Linux) di sini: http://unetbootin.sourceforge.net/



Langkah-langkah instalasi Linux melalui USB Drive (Live USB) dengan "bantuan" UNetbootin dijabarkan sebagai berikut.


  1. Setelah selesai diunduh, silahkan jalankan UNetbootin.

  2. Ada dua mode instalasi: online dan offline.


    • Online: terlebih dahulu mengunduh ISO-nya dari server penyedia ISO distro Linux yang dimaksud. Untuk mode ini, silahkan pilih distro Linux dan versi yang diinginkan pada pilihan yang disediakan UNetbootin.

    • Offline: kita sudah memiliki atau sudah mengunduh file ISO dari distro Linux yang ingin kita instal, yang tersimpan di harddisk kita. Untuk mode ini, pilihan distro dan versi tidak usah diubah.


  3. Kemudian, kita perlu memilih dan menyesuaikan tipe instalasi. Yang termudah adalah dengan membuat "Live USB". Untuk ini, silahkan pilih "Diskmage", kemudian di sebelah kanannya pilih "ISO", dan di sebelah kanannya lagi silahkan telusuri dan pilih file ISO dari distro Linux yang ingin kita instal.

    Kemudian, di bagian bawah jendela UNetbootin silahkan pilih Type: USB Drive, dan drive yang sesuai, dan setelah itu klik OK.

    Sebagai contoh, pada screenshot di bawah saya ingin membuat Live USB distro Ubuntu 10.04 untuk AMD64.

    SS #1: Pemilihan tipe instalasi

    Spoiler: show
    [Image: unetbootin2.jpg]


  4. Pada tahap ini, UNetbootin melakukan instalasi distro Linux ke dalam USB Drive, sesuai konfigurasi yang telah kita atur pada tahap sebelumnya. Tunggu saja sampai selesai prosesnya.

    SS #2: Proses instalasi Live USB

    Spoiler: show
    [Image: unetbootin3.jpg]

  5. Jika sukses, UNetbootin akan menampilkan pesan bahwa instalasi selesai, dan pertanyaan konfirmasi untuk reboot komputer.

    SS #3: Proses instalasi Live USB: SELESAI

    Spoiler: show
    [Image: unetbootin4.jpg]

  6. Jika masih penasaran, silahkan cek via Windows Explorer. Kira2 isi flashdisk Anda menjadi seperti ini.


    SS #4: Isi flashdisk pasca instalasi Live USB

    Spoiler: show
    [Image: resultinufd.jpg]

    Dan untuk Ubuntu ini, jika masih penasaran lagi (hehehe), silahkan jalankan autorun-nya. Atau dengan mengeksekusi perintah "wubi --cdmenu".

  7. SELANJUTNYA, Anda harus reboot komputer, dan booting-nya diarahkan ke USB Drive (via pengaturan Boot Sequence dalam BIOS atau pemilihan media boot manual. Untuk beberapa jenis BIOS, bisa dengan menekan tombol F9).

  8. Install distro Linux seperti biasa (silahkan mengacu pada referensi instalasi masing-masing distro).






CATATAN: Metode ini bisa diterapkan untuk hampir semua distro Linux. Di atas saya hanya memberikan contoh saja dengan Ubuntu 10.04.



esc-creation.com

0 komentar:

Posting Komentar