16 Agustus 2010

Asal Usul Gudeg

0 komentar
Gudeg sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sebelum Indonesia merdeka. Hehehe, pastinya kita belum keluar, eh malah belum dibuat

Dahulu, makanan ini sering dijadikan bekal bagi prajurit yang akan berperang melawan Belanda. Saat itu, hanya ada gudeg basah. Gudeh basah ternyata enggak tahan lama. Nah, lama-lama dibuatlah gudeg kering yang lebih praktis.

Gudeg kering memang lebih tahan lama. Bahan dasarnya sama, yaitu terbuat dari gori (nangka muda) yang rasanya manis dan gurih. Lebih sedap lagi karena ada tambahan bumbu areh (santan kental) dan ampas minyak kelapa (klendo).

Supaya lebih lengkap gudeg disantap bersama tahu, sambal krecek dan daging ayam. Mmm, yummy! Yogya dikenal sebagai kota Gudeg, karena di masa lalu, bahan baku ini sangat mudah didapat di kebun-kebun milik masyarakat Yogyakarta.

Makanan ini menarik perhatian bagi orang-orang yang berkunjung ke Yogyakarta. Mereka pun membawa gudeg ke daerah masing-masing sebagai oleh-oleh. Hasilnya? Gudeg pun semakin dikenal sebagai makanan khas asal Yogyakarta.

0 komentar:

Posting Komentar